HomeLIFESTYLE5 OLEH-OLEH KHAS BANJARMASIN

5 OLEH-OLEH KHAS BANJARMASIN

SHARE THIS:

Buat kamu yang berkunjung ke Banjarmasin, pastinya wajib bawa oleh-oleh buat keluarga di rumah dong. Supaya kamu enggak bingung nyari oleh-oleh, nih kita kasih referensi oleh-oleh khas Banjarmasin. Apa saja itu?

  • Kain Sasirangan

Membeli Kaos bertuliskan Kota Banjarmasin sudah jadi hal lumrah?

Biar enggak biasa, kamu bisa membeli Pakaian Khas Banjarmasin ini, yakni Kain Sasirangan. Yups, sekilas Kain Sasirangan ini mirip dengan Kain Batik. Tapi, kedua kain ini berbeda lho, dari segi motif hingga cara pembuatannya.

  • Panting

Pada umumnya, oleh-oleh itu berupa makanan dan pakaian. Tapi, kamu bisa juga menjadikan alat musik sebagai oleh-oleh lho. Panting merupakan alat musik petik khas Kalimantan Selatan. Bentuknya mirip seperti gambus arab. Selain jadi alat musik, Panting juga cocok banget untuk dijadikan hiasan ruangan biar lebih nyeni.

  • Rabuk Ikan

Rabuk Ikan Jika biasanya abon terbuat dari daging sapi atau ayam, di Banjarmasin terdapat Rabuk Ikan, abon yang terbuat dari Ikan Haluan.

  • Ikan Saluang

Sebagai Kota Seribu Sungai, Banjarmasin tentunya memiliki beraneka ragam jenis ikan yang hidup di sungai. Salah satunya yaitu Ikan Saluang yang biasa dijadikan cemilan atau dijadikan lauk saat makan.

  • Amplang

Amplang Banjarmasin ini terbuat dari ikan pipih yang rasanya luar biasa enak dan gurih. Cocok dijadikan cemilan saat berkumpul dengan keluarga.

Nah, kelima referensi oleh-oleh khas Banjarmasin tersebut bisa kamu coba lho.. atau sudah ada yang mencobanya?

Buat kamu yang sudah menjadikannya sebagai oleh-oleh, kira-kira kamu lebih suka yang mana? ^_^

SHARE THIS: