HomeADVERTORIALAJARKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN LEWAT SEKOLAH ADIWIYATA

AJARKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN LEWAT SEKOLAH ADIWIYATA

SHARE THIS:

Upaya Pemerintah Kota Banjarmasin dalam mewujudkan lingkungan barasih wan nyaman terus dilakukan. Mulai dari merevitalisasi sungai-sungai hingga meningkatkan kesadaran masyarakat melalui berbagai program lingkungan. Salah satunya yakni program Sekolah Adiwiyata.

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata, Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Kepedulian tersebut dilihat dalam berbagai aspek, seperti memiliki bank sampah, pohon-pohon pelindung, kantin yang ramah lingkungan dengan tidak menjual makanan yang mengandung bahan berbahaya. Dalam hal pengurangan sampah, semua murid diwajibkan membawa tumbler dari rumah.

Hingga kini lebih dari 500 sekolah di Kalimantan Selatan berstatus sekolah Adiwiyata mulai tingkat provinsi, nasional dan mandiri. Selama periode 2015-2018 tercatat 330 sekolah masuk kelompok sekolah adiwiyata tingkat provinsi, 109 sekolah adiwiyata tingkat nasional dan 38 sekolah adiwiyata mandiri. Jumlah ini belum termasuk sekolah adiwiyata tingkat kabupaten/kota yang jumlahnya mencapai ratusan sekolah.

Keberhasilan Banjarmasin dalam menerapkan Sekolah Adiwiyata terbukti dengan diperolehnya penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam skala nasional pada awal 2019.

“Sekolah Adiwiyata menjadi langkah Pemerintah untuk mengajarkan pendidikan lingkungan sedini mungkin. Agar nantinya tercipta masyarakat yang sadar dan peduli terhadap keberlanjutan lingkungan” Ibnu Sina, Walikota Banjarmasin.

SHARE THIS: