HomeBERITAPatriot Pariwisata Untuk Majukan Pariwisata Banjarmasin

Patriot Pariwisata Untuk Majukan Pariwisata Banjarmasin

SHARE THIS:

Pariwisata adalah primadona. Banyak daerah saat ini berlomba-lomba untuk meningkatkan kunjungan wisatawannya. Memang tidak aneh, karena sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang mampu menggerakkan ekonomi masyarakat secara riil.

Pemko Banjarmasin pun berupaya untuk menunjang dan meningkatkan kunjungan wisatawan. Salah satunya dengan membentuk Patriot Banjarmasin sektor Pariwisata tahun 2019 yang telah dilantik pada tanggal 23 Oktober 2019 lalu.

Patriot Pariwisata nantinya bertugas untuk bisa mendampingi masyarakat terutama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk membenahi destinasi wisata yang ada di Kota Banjarmasin.

Patriot pariwisata, kata Ibnu Sina, Walikota Banjarmasin, ke depannya juga harus bisa bekerjasama dengan para camat dan lurah untuk mendampingi masyarakat mempercantik destinasi wisata, agar berstandar wisata yang layak.

“Termasuk soal kebersihan, higienitas dan kelayakannya, sehingga destinasi pariwisata kita layak untuk dijual dan didatangi,” katanya, seperti dikutip dari lama banjarmasinkota.go.id

Selain itu, Ibnu Sina, juga berpesan kepada para pelaku dan penggiat budaya di Kota Banjarmasin agar tidak hanya pandai mempromosikan budaya, tetapi juga bisa ikut memelihara, menjaga serta merawat budaya itu sendiri.

Pariwisata memang tidak bisa dilepaskan dari unsur budaya, seni dan lokasi. Wisatawan yang datang ke suatu daerah, lanjutnya, bertujuan untuk mengetahui budaya dan kearifan lokal suatu daerah. Tanpa adanya spesifikisasi budaya suatu daerah, maka bisa dipastikan hal itu akan mengurangi minat kunjungan wisata.

“Jadi, dibutuhkan berbagai macam kearifan lokal dan komponen-komponen yang bergerak dalam kepariwisataan untuk melakukan berbagai macam atraksi, fasilitas, dan juga aksinya,” ujar Ibnu Sina.

Karena itu, ia pun berharap, para seniman dan budayawan kota ini mampu memanfaatkan teknologi digitalisasi era revolusi industri 4.0 ini untuk mengupdate, menambah wawasan dan pengetahuannya, terutama yang berkaitan dengan bidang industri pariwisata.

Sumber: banjarmasinkota.go.id

SHARE THIS: