HomeADVERTORIALUpaya Pemko Banjarmasin Wujudkan Kota Sehat

Upaya Pemko Banjarmasin Wujudkan Kota Sehat

SHARE THIS:

Persoalan sebuah kota, dimana-mana, adalah kebersihan. Terutama dalam mengelola sampah. Banyak kota mengalami problem pengelolaan sampah yang mengakibatkan kurang nyaman warga untuk tinggal di sebuah kota. 

Menurut survei MLCI (Most Livable City Index) pada tahun 2009 dan tahun 2011, mengukur indeks tingkat kenyamanan sebuah kota bisa diperhatikan dengan 9 aspek, yaitu; aspek tata ruang kota, aspek lingkungan (kebersihan dan polusi), aspek transportasi (jalan dan angkutan), aspek fasilitas kesehatan, aspek pendidikan, aspek infrastruktur-utilitas, aspek ekonomi, aspek keamanan dan aspek sosial.

Dari 9 aspek itu kebersihan menjadi salah satu indikator penting dalam indeks tingkat kenyamanan kota. Kebersihan lingkungan menjadi salah satu faktor utama demi berlangsungnya hidup yang bersih, sehat dan nyaman. 

Selama tiga tahun kepemimpinan Ibnu Sina – Herman, Pemerintah Kota Banjarmasin telah mengupayakan berbagai program untuk mewujudkan kota Banjarmasin yang bersih dan sehat. 

Upaya Pemko Banjarmasin di bidang kebersihan

Pemerintah Kota Banjarmasin telah membangun 16 buah faslitas sampah terpadu. Namun itu saja tidak cukup. Sampah yang terkumpul mesti ditampung dan diolah di bank sampah. Maka pemko juga membuat 243 buah bank sampah. 

Upaya untuk meningkatkan kebersihan kota tidak cukup hanya dengan membangun fasilitas, namun juga perlu partisipasi masyarakat. Oleh karena itulah pemko juga membangun fasilitas kalurahan layak anak sebanyak 22 buah. 

Pemko Banjarmasin mempunyai target pengurangan jumlah angka sampah dari tahun ke tahun. Misalnya dengan menggalakkan program tanpa kantong plastik. Misalnya di ritel modern dan beberapa pasar.

Upaya Walikota Ibnu Sina menekan penggunaan plastik telah dicantumkan melalui Perwali Banjarmasin No 18 Tahun 2016.

SHARE THIS: